Kamis, 03 Januari 2019

The Effect of Reading, Questioning and Answering Strategy toward Student Creative Thinking on Evolution Course


Pembelajaran dengan materi Evolusi tidak hanya di ajarkan di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) saja akan tetapi juga menjadi mata kuliah di tingkat mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi dan Biologi di Jurusan Biologi, yang mana merupaka salah satu mata kuliah wajib yang ditempuh bagi mereka calon guru di SMA kelak. Jurnal mengenai pembelajaran evolusi ini sebenarnya diterapkan di lingkungan mahasiswa yang nantinya akan berperan menjadi generasi penerus pendidik ataupun sebagai fasilitator untuk pemahaman siswa SMA. Akan tetapi strategi pembelajaran yang di terapkan pada jurnal ini yaitu mengenai proses belajar dengan cara Reading, Questioning and Answering terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa juga sangat efektif jika diterapkan dalam lingkungan siswa sekolah pada jenjang Sekolah Menengah Atas yang juga memperoleh materi evolusi dalam permeblajarannya.
Materi evolusi merupakan materi yang mengkaji tentang teori perkembangan pada makhluk hidup dari masa ke masa yang mana sampai saat ini merupakan teori yang masih kontroversial. Berbagai pertanyaan muncul ketika membahas tentang teori evolusi, khususnya yang berkaitan dengan evolusi pada manusia. Sehingga muncul persepsi manusia dan pendapat yang berbeda-beda mengenai teori ini, ada yang bisa ditangkap dengan logika atau bersifat logis atau kadang ada juga tidak bisa ditangkap dengan nalar. Hal ini memungkin bagi para peserta didik memiliki pandangan yang berbeda-beda pula sehingga masih sering munculnya miskonsepsi pada saat pembelajaran evolusi apabila pengajar tidak menjelaskan secara gamblang dari berbagai sudut pandang.
Kontroversi dalam pengkajian teori evolusi semakin berkembang dari tahun ke tahun apalagi dengan mulai maju nya perkembangan informasi maupun teknologi yang ada. Semua orang dapat meng-update informasi dari internet, baik yang pro terhadap teori evolusi maupun yang kontra, baik yang menanggapi biasa saja ataupun yang menanggapi dengan No comment. Hal ini membuat pembelajaran di lingkungan peserta didik menjadi tidak nyaman, karena selain mahasiswa di perguruan tinggi menjadi bingung, peserta didik tingkat sekolah menengah atas pun semakin dibuat rancu terhadap konsep dan prinsip mana yang harus dipahami dalam kajian teori evolusi. Selain itu, banyak terdapat miskonsepsi dalam sumber pembelajaran evolusi di perguruan tinggi akan berakibat fatal juga jenjang SMA.
            Materi evolusi sering disampaikan dalam bentuk ceramah yang monoton persis apa yang tercantum dalam buku ajar sehingga mengakibatkan kurangnya skill siswa dalam menyampaikan maupun mengupas hal-hal yang berhubungan dengan perkembangan evolusi, apalagi dalam bentuk bertanya atau mengutarakan pendapat. Hasil belajar tersebut menunjukkan bahwa secara umum Buku Ajar Evolusi tersebut secara garis besar sudah cukup dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Namun, sejauh ini belum diketahui apakah peningkatan hasil belajar ini sejalan dengan peningkatan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.
            Permasalahan pun muncul dari berbagai sudut, misalnya pada saat peserta didik diberi tugas untuk merangkum atau mencari sumber yang menguatkan tetntang suatu poin yang ada dalam materi evolusi, tidak sedikit dari mereka mengerjakan dengan asal apalagi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat memudahkan mereka untuk copy paste pekerjaan temannya ataupun mencari dari bogspot dan artikel-artikel yang berterbangan di web google. Hal ini mengakibtakan ketika peserta didik diminta untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya hasil yang terlihatpun tidak maksimal dikarenakan kurangnya pemahaman dan penguasaaan materi yang ada karena tidak adanya pemikiran yang kreatif dan hanya mengandalkan apa yang ada pada tulisan serta hafalan.
            Permasalan tersebut sering mncul pada saat peserta didik akan melakukan ujian, yang mana ketika mereka dituntut untuk mempelajari materi yang banyak akan tetapi dalam waktu singkat karena mereka kebanyakan akan belajar ketika akan ujian saja sehingga kemampuan siswa dalam menjawab pun  terbatas karena penguasaan materi yang masih minim. Oleh karena itu perlu dirancang suatu kegiatan pembelajaran yang dapat menggali potensi siswa tersebut agar menjadi lebih aktif baik secara fisik maupun mental dalam pembelajaran, sehingga menjadikan siswa yang kreatif, aktif, dan memiliki pemahaman konsep yang lebih baik terhadap suatu pembelajaran, dalam hal ini materi Evolusi.
            Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk maksud di atas adalah strategi pembelajaran Reading Questioning and Aswering (RQA). Strategi pembelajaran Reading Questioning and Aswering (RQA) merupakan strategi pembelajaran yang dikembangkan menggunakan landasan teori pembelajaran konstruktivisme, yang mana siswa diminta membaca terlebih dahulu materi yang akan dipelajari dan kemudian mengemukakan pertanyaan pada tingkat kognitif tinggi (analisis, evaluasi, dan kreasi) berdasarkan hasil bacaannya. Implementasi strategi pembelajaran Reading Questioning and Aswering (RQA) walaupun sedikit sulit dan memberatkan bagi siswa akan tetapi terbukti mampu memaksa siswa untuk membaca materi kuliah yang ditugaskan, sehingga strategi perkuliahan yang dirancang dapat terlaksana dan pemahaman terhadap materi perkuliahan berhasil ditingkatkan hampir 100%.
Strategi pembelajaran Reading Questioning and Aswering (RQA) merupakan strategi pembelajaran yang diterapkan akan memunculkan beberapa poin positif bagi siswa diantaranya adalah :
  • Dapat meningkatkan kesadaran metakognitif, keterampilan metakognitif, dan hasil belajar kognitif siswa
  • Dapat lebih memotivasi siswa untuk belajar.
  • Dapat mengatasi kelemahan-kelemahan siswa, terutama yang malas membaca.
  • Memaksa siswa mau tidak mau harus membaca untuk memenuhi tugas membuat pertanyaan dan sekaligus mencari jawabannya
  • Dapat memunculkan sifat siswa menjadi seorang pembelajar mandiri, aktif, dan kreatif
  • Menuntut siswa untuk aktif mempersiapkan dirinya sebelum pembelajaran dan memikirkan dengan baik pertanyaan apa yang harus dipertanyakan untuk membahas materi pelajaran
  • Mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, serta meningkatnya kemampuan berpikir kreatif mahasiswa melalui pembuatan pertanyaan


Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, disimpulkan bahwa: “Tidak terdapat pengaruh penggunaan Buku Ajar Evolusi melalui strategi pembelajaran Reading Questioning and Aswering (RQA) terhadap kemampuan berpikir kreatif  siswa pada materi Evolusi.”
Oleh sebab itu, ada beberapa hal pokok yang harus dilakukan oleh pendidik maupun peneliti lainnya dalam penggunaan strategi pembelajaran Reading Questioning and Aswering (RQA) hendaklah melakukan modifikasi terlebih dahulu dalam pelaksanaannya untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada peserta didik. Diantaranya dalah sebagi berikut
1.     Pertanyaan dan jawaban yang dibuat siswa pada penerapan strategi pembelajaran Reading Questioning and Aswering (RQA) harus selalu dikoreksi dan dikomentari dengan segera, agar terlihat peningkatan dari kemampuan berpikir kreatif siswa.
2.     Strategi pembelajaran Reading Questioning and Aswering (RQA) yang diterapkan sebaiknya dilakukan beberapa modifikasi dalam pelaksanaannya untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Modifikasi yang dianjurkan adalah dengan mengawali penjelasan dasar oleh pendidik untuk materi yang prinsip, agar siswa bisa memperdalam pemahamannya dan yakin bahwa pemahaman tersebut tepat dan bisa mengembangkannya menjadi pemikiran yang kreatif.
3.     Pembelajaran pada Evolusi memuat materi pembelajaran yang kompleks dan membutuhkan higher order thinking skill, oleh sebab itu disarankan kepada semua pendidik dalam mengajarkan materi evolusi untuk melatihkan kemampuan tersebut, agar peserta didik dapat memahami materi evolusi dengan lebih baik.
(Rahmawati & Fadilah, 2017)

Sumber :

Rahmawati, D., & Fadilah, M. (2017). The Effect of Reading, Questioning and Answering Strategy toward Student Creative Thinking on Evolution Course at Biology Department FMIPA Universitas Negeri Padang . Bioeducation Journal , Vol. I No. 1;10-21.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Beasiswa Kampus 101

Halooo!  Jum'ah Mubaarak Everyone, semoga semua sehat sehaat yaa:) So, karena beberapa orang tanya ke aku ttg apply beasiswa* di kampus,...